Kapan Waktu Terbaik Anak Minum Susu, Pagi atau Malam Hari?


Minum susu baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Untuk mendapatkan manfaat minum susu, sebagian orangtua percaya bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk anak minum susu. Meski begitu, ada juga yang lebih mengutamakan malam hari sebelum tidur. 

Lantas, adakah waktu terbaik untuk anak minum susu? Lebih baik saat pagi atau malam hari?


Artikel terkait :

Susu adalah salah satu minuman terbaik yang kaya vitamin dan mineral, di antaranya kalium, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, dan sebagainya. Kalau anak minum susu sebelum beraktivitas di pagi hari, ini artinya kita sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral si kecil lebih awal. 

Sebuah studi yang dilansir dari Dairy Council of California menunjukkan bahwa orang yang rutin minum susu saat sarapan mendapatkan lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan daripada orang yang jarang minum susu di pagi hari. Dalam satu gelas susu terdapat delapan gram protein yang berperan untuk menguatkan tulang, otot, dan sistem kekebalan tubuh anak. 

Selain itu, kandungan protein dalam susu juga membuat perut si kecil terasa kenyang lebih lama. Jadi, bila kita rutin memberikan susu untuk si kecil setiap pagi, ia tidak akan mudah lapar hingga waktunya makan siang. 

Tak hanya itu saja kebaikan yang didapatkan, menurut Frank Greer, M.D., ketua American Academy of Pediatrics’s Committee on Nutrition, kebiasaan anak minum susu di pagi hari dapat membantu melancarkan aktivitas saraf dan otak si kecil. Hal ini bermanfaat bagi anak untuk lebih mudah menyerap segala informasi yang ada di sekitarnya dan membantu perkembangan belajarnya.

Namun, di samping semua manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan anak minum susu di pagi hari, kita tetap perlu berhati-hati. Kita tidak dianjurkan untuk memberikan susu menjelang waktu makan utamanya. Pasalnya, kandungan protein dan lemak dalam susu membuat anak merasa kenyang sehingga malah membuatnya menjadi malas makan.

Selain itu, sebaiknya anak minum susu tidak langsung setelah makan makanan yang mengandung zat besi, misalnya daging merah atau sayur-sayuran hijau. Hal ini disebabkan karena zat besi dapat dihambat penyerapannya oleh susu dalam tubuh si kecil. Akibatnya, anak rentan terkena anemia dalam waktu yang bersamaan.

Lalu, bagaimana jika anak minum susu tiap malam? Apa dampaknya?
Menurut pakar gizi Leona Victoria Djajadi, MND, waktu terbaik untuk minum susu adalah malam hari sebelum tidur. Saat si kecil tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan lebih cepat sehingga kalsium dari susu dapat digunakan secara maksimal dalam menguatkan tulang anak. Coba perhatikan pola tidur anak setiap malam setelah rutin memberikannya susu sebelum tidur. Ia akan tidur lebih nyenyak dan jarang terbangun di tengah malam. Hal ini disebabkan karena susu, terlebih susu hangat, dapat membantu mengendurkan otot-otot tubuh si kecil menjadi lebih rileks dan nyenyak saat tidur.

Tidak hanya itu, susu juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan anak. Maka tak heran bila nanti si kecil akan lebih mudah buang air besar di pagi hari.

Di sisi lain, membiarkan anak minum susu di malam hari juga dapat memicu gangguan tidur pada anak, seperti dilansir dari Livestrong. Hal ini terjadi ketika asupan nutrisi si kecil cenderung melebihi jumlah yang dibutuhkan. Misalnya saja, anak sudah cukup makan dalam satu hari, kemudian kita memberikan porsi susu yang berlebihan. Karena itulah, kita perlu tetap perhatikan porsi susu si kecil sesuai kebutuhannya.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk anak minum susu?
Mungkin banyak orang masih menimbang-nimbang kapan waktu yang tepat untuk anak minum susu, antara pagi atau malam hari. Pada dasarnya, anak minum susu di pagi atau malam hari sama-sama baik untuk kesehatan.



Sebenarnya, tidak ada waktu yang tidak tepat untuk anak minum susu. Susu hampir bisa dikonsumsi kapan saja dan tidak harus rutin setiap hari. Sebab, susu hanya berperan sebagai pelengkap nutrisi anak-anak. Susu bukanlah minuman super yang bisa memenuhi semua zat gizi yang diperlukan si kecil.

Jadi, yang paling penting adalah pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi anak lewat makanan yang bergizi seimbang. Bila tidak dibarengi dengan pemberian makanan bergizi seimbang dan hanya memberikan susu saja, maka anak akan mengalami kekurangan gizi.

Video : "What happens to your body when you drink a glass of milk everyday - benefits of drinking milk"

Pada akhirnya, konsumsi susu di pagi atau malam hari sama baiknya untuk kesehatan anak asalkan tidak berlebihan. Batasi porsi susu yang direkomendasikan per hari dan pastikan si kecil mendapatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya.

Artikel terkait :
Mengapa Susu Kemasan Harus Dikocok Sebelum Diminum? 

Penulis : 
Editor : Wisnubrata
Sumber : Helo sehat, dikutip dari lifestyle.kompas.com - 30 April 2018, , 05:05 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?